Dana Abadi UI

Dana Abadi UI

Berangkat dari status Universitas Indonesia sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) yang tercantum pada Peraturan Pemerintah No. 58 tahun 2013, UI dipacu untuk lebih mandiri dalam mengelola serta menjalankan berbagai kegiatan program Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satu cara yang dilakukan UI adalah dengan mengembangkan program "Dana Abadi UI".

Dana Abadi UI merupakan sekumpulan dana yang dihimpun dan disimpan secara permanen pada suatu Dana Investasi, yang hasil investasinya saja yang dapat digunakan untuk mencapai visi dan misi Universitas Indonesia. Tujuan awalnya adalah untuk menjaga keberlangsungan dan masa depan universitas, agar mampu mandiri dengan tetap mempertahankan kualitasnya.    

Sampai saat ini, peruntukan Dana Abadi UI masih terbatas pada pemberian beasiswa untuk sekitar 60 mahasiwa pertahun, dikarenakan jumlah dananya yang masih relatif rendah, serta pengelolaan hasil investasinya yang masih bersifat konservatif.

Dengan kampus utamanya seluas 320 hektar di kawasan Depok, Jawa Barat, serta kampus Salemba seluas 40 hektar di Jakarta Pusat, UI memiliki 16 Fakultas dengan lebih dari 45.000 mahasiwa, 7000 dosen dan tenaga pendidik, yang tersebar pada program-program vokasi, sarjana, profesi, spesialis, magister, serta doktoral. Fisik kampus yang luas, jumlah mahasiwa yang besar, menjadikan UI sebagai universitas terbesar di Indonesia, sehingga tidak terhindarkan dibutuhkan dana yang tidak sedikit untuk pengelolaannya, agar kualitas lulusan dan tenaga pengajarnya, termasuk pemeliharaan fasilitas serta pengembangannya tetap terjaga.

Sebagai universitas negeri yang memiliki tanggung jawab mencerdaskan bangsa, kebutuhan dana yang tinggi tidak dapat diikuti dengan menaikkan biaya pendidikan. Biaya pendidikan "hanya" mampu membiayai sekitar 30% dari biaya yang dibutuhkan bagi setiap mahasiwa setiap semester. Artinya, SETIAP mahasiwa yang diterima di UI dapat dikatakan MEMPEROLEH BEASISWA, karena sebagian besar biaya pendidikannya disubsidi oleh universitas.  Bahkan sekitar 20% mahasiwa UI kurang mampu, memperoleh beasiswa penuh.

Sehingga bukan merupakan hal berlebihan apabila orangtua mahasiswa UI yang mampu, turut membantu meringankan beban UI, dan bersama-sama dengan alumni UI yang berjumlah sekitar 300.000 orang, beserta para sahabat alumni, bersatu membangun UI. Kebersamaan ini akan menjadikan UI suatu institusi pendidikan yang luar biasa, dan pantas menjadi "GURU BANGSA".

Di tahun 2015 ini, melalui Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni, UI berencana untuk mengembangkan Dana Abadi, dengan tujuan mulia mempersatukan seluruh elemen yang ada di UI, agar tidak hanya menjadi universitas yang unggul di tanah air, namun mampu bersaing di kancah internasional, baik di kawasan Asia Tenggara, Asia, maupun di tingkat dunia. 

Dalam waktu dekat akan diluncurkan berbagai program Dana Abadi UI, berupa “Dana Abadi UI Terpadu”, “Rp. 100.000,-untuk UI Hebat”, serta investasi “Reksadana Makara Sinar”. Ketiga program Dana Abadi tersebut memiliki tujuan yang sama: Kebersamaan untuk mencapai tujuan mulia menjadikan UI yang unggul, menghasilkan lulusan-lulusan berkualitas, berintegritas, dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai moral serta budaya bangsa.

Dengan jiwa optimis, kami nantikan dan hargai partisipasi serta dukungan dari Anda semua. Salam.

 

Drg. Nia Ayu Ismaniati, MDSc., Sp Ort (K)

Kasubdit Hubungan Alumni dan Potensi Peran Serta Alumni