UI Tennis Tournament 2022: Wujud Nyata Dukungan Terhadap Pembangunan Lapangan Tenis di Lingkungan Kampus

Dalam rangka mendukung talenta atlet tenis di indonesia, Universitas Indonesia (UI) kembali menggelar UI Tennis Tournament 2022 di Lapangan Tenis Kodam Jaya, Cawang, Jakarta Timur, pada 15-16 Oktober 2022. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Direktorat Pengembangan Karir Lulusan dan Hubungan Alumni Universitas Indonesia (DPKHA UI) dengan tujuan untuk menghimpun dana dalam rangka pembangunan lapangan tenis outdoor bertaraf internasional. Hal ini dilakukan untuk menunjang kegiatan sejenis serta menambah sarana olahraga yang ada di lingkungan UI.

Acara ini merupakan kegiatan rutin tahunan setelah turnamen tenis serupa diadakan perdana pada tahun 2021 silam. Turnamen tenis dipilih karena dianggap cukup tepat dilakukan di masa pandemi yang masih belum berakhir. Terlebih, olahraga tenis dianggap sebagai olahraga dengan tingkat risiko penularan relatif rendah dibandingkan jenis olahraga lain.

“Kegiatan ini ditujukan sebagai ajang menghimpun dana untuk pembangunan lapangan tenis yang nantinya dapat digunakan baik dari kalangan sivitas akademika UI maupun pihak luar. Dibuat nya MoU dengan pihak PELTI adalah bentuk langkah konkret dalam mewujudkan pembangunan lapangan tenis.” ujar Ir. Ahmad Syafiq, M.Sc., Ph.D. selaku Direktur DPKHA UI.

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya diikuti oleh peserta dari sivitas akademika saja warga UI dan Alumni UI, UI Tennis Tournament 2022 tahun ini dapat diikuti pula oleh masyarakat umum. Terdapat beberapa peserta yang bergabung diantaranya mantan Menteri Negara Perumahan Rakyat dan Permukiman Bapak Theo L. Sambuaga, Dirbang Riset RSPAD Gatot Subroto Bapak dr. Sutan Finekri A, Sp.OG-KFM., M.A.R.S., M.H., Dirut BPJS Kesehatan Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc., Ph.D, AAK, Direktur Kerja Sama UI Bapak Toto Pranoto, dan Pembina ASTA UI Bapak Sunardji.

Perluasan kategori peserta tersebut mendapatkan respons positif dengan peningkatan peserta kegiatan. Hal tersebut dapat tercermin dari laporan panitia yang menyatakan bahwa jumlah peserta yang meningkat dari sekitar 100 peserta di tahun lalu menjadi sekitar 160 peserta di tahun ini. Penambahan peserta tersebut selaras dengan banyaknya mata lomba yang ada di tahun ini yaitu kategori eksekutif, kategori bebas, dan kategori yang didasarkan pada kelompok usia (KU) dengan sistem round robin.

“UI Tennis Tournament 2022 merupakan salah satu dari kompetisi olahraga lainnya seperti kompetisi golf dan lari yang diselenggarakan oleh UI secara rutin setiap tahunnya. Keberadaan kompetisi ini dilakukan dalam rangka mengajak para pecinta tenis baik dari dalam maupun luar UI untuk merasakan atmosfer kekeluargaan melalui adanya kelompok umur bebas dan executive.” ujar Dr. dr. Agus Supriyadi SpOG K, M.Kes., MPH selaku Ketua Panitia Pelaksana UI Tennis Tournament 2022

“Kami dari pihak pengurus kegiatan olahraga tenis lapangan sangat mendukung penyelenggaraan dari kegiatan kompetisi seperti UI Tennis Tournament 2022. Selain itu, kami dari pihak PELTI melihat kompetisi ini sebagai bentuk menjalin silaturahmi antar alumni UI dan membangun memori yang secara tidak langsung berdampak pada kesehatan dan kebahagiaan.” ujar oleh Dr. Erwin Suryadi, S.T., MBA. selaku Ketua Persatuan Tenis Lapangan Indonesia Provinsi DKI Jakarta.

Rangkaian agenda dalam upacara pembukaan tersebut diakhiri dengan pembukaan secara simbolis kegiatan UI Tennis Tournament 2022 oleh Dr. Agus selaku Ketua Panitia Pelaksana dengan melakukan servis bola tenis yang menandakan bahwa rangkaian acara dari UI Tennis Tournament 2022 telah dimulai.

Berikut merupakan nama-nama pemenang dari masing-masing kategori:
KU EKSEKUTIF
1 Ahmad Fathoni/Liang Hardi B
2. Muhammad Kifni/Didi W
3. Martono H / Hestu A
3. Zulkifli Amin / Suparman Yusuf

KU 40
1. Mendy A / Afrizal A
2. Haryo K / Irvino Samuel M
3. Muhammad Akmal /TB Ade Yusuf
3. Herry Eka W/ Faisal Riza T

KU 50
1. Erwin A/ Haryo K
2. Mendy A/Glorikus G
3. Nurul/Keman
3. TB Samsul H / TB Ade Yusuf

KU bebas
1. Afrizal A / Mazza
2. Ade Nugrah S / Farraz Haidar A
3. Aditya Haris / Erlangga N
3. Tri Hutomo / M Fauzan Azima

Beberapa mitra sponsor turut berkontribusi mendukung UI Tennis Tournament 2022, diantaranya, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Paragon Technology and Innovation, PT Frisian Flag Indonesia dan Tarzan Photo Studio.